dr. Pudjo Hagung W, Ph.D, Sp.A(K)

Hari ini saya diingatkan kembali dengan beberapa memori semasa koas dulu. Salah satunya dokter pembimbing legendaris yang satu ini, dr. Pudjo Hagung W, Ph.D, Sp.A(K). Layaknya koas pada umumnya, saya dan teman -teman satu bimbingan mencari info mengenai beliau, apa yang beliau suka ajarkan, apa saja yang harus kita pelajari dan yang terpenting bagaimana cara beliau memberi nilai (orientasinya umum banget hahaa).

dapat dirangkum dari semua info, beliau unik, nyentrik dan baik, baca:nilai lumayan bikin senyum. tapi tak pernah terbayangkan sebelumnya betapa uniknya beliau… betapa menginspirasi nya beliau!

membaca salah satu post dari anak koas masa kini:

dr-pudjo

Bapak yang dari luar terlihat menakutkan, punya sejuta alasan untuk bisa menawan. Bapak berkata, “Kalau maju sama saya, berapa kali pertemuan, mau bahas kasus apa, itu terserah kalian bagaimana mengaturnya, kalian sudah cukup dewasa untuk itu. Yang pasti akan saya tanyakan, apa perbedaan dan persamaan dari 4 kasus itu, apa hal penting dari kasus yang kamu angkat, kenapa kamu mengangkat kasus ini untuk dibahas? berpikir untuk sistematis.” .

pesan beliau,

baca buku sastra untuk hiburan, agar kaya tata bahasamu.
.
kenapa blank? kamu ingin bicara tapi ilmumu kurang?
.
teruslah belajar. jangan mudah puas dan berhenti disini saja.

Saya tertegun…

teringat kembali satu contoh ilmu dari beliau yang bahkan tak akan ada satupun yang pernah memikirkannya. saat itu kami berdiskusi mengenai penyakit Infeksi Saluran Kemih pada anak usia SD…. dengan mantap saya menjelaskan berbagai teori dan yang tak kalah penting edukasi bagi pasien dan keluarga sebagai bentuk pencegahan.

pemikiran saya sangat mainstream sehingga beliau berkata pasti tetap akan berulang penyakit itu. beliau mencoba memberikan pandangan lain sekaligus berpesan kepada kami (pesan yang paling saya ingat selain puluhan pesan lainnya yang diluar pemikiran kami saat itu) :

Cobalah kalian buat surat untuk guru nya anak tersebut, isinya tolong bapak ibu guru untuk selalu menawarkan kepada muridnya adakah yang inget ke toilet atau buang air kecil, karena kamu harus tau kenapa anak-anak sering sekali menahan buang air kecil hingga menjadi ISK yang cukup kompleks, itu karena mereka takut dan malu untuk hanya sekedar izin ke toilet. Menurut saya penting sekali lho untuk meminta guru atau walikelas mereka bekerjasama membantu murid tersebut, tulis saja dalam bentuk surat contohnya….

cobalah kalian ini melihat sesuatu secara mendalam, dari berbagai sisi. dan pikirkanlah cara-cara sederhana yang sebenarnya paling dibutuhkan walau terkadang diluar pemikiran orang kebanyakan.

kami bertepuk tangan dalam hati, bangga sekaligus terharu dengan cara Beliau berpikir. Saat itu juga saya mengaguminya. Setidaknya pernah ada masa dalam hidup saya bercita-cita menjadi seseorang yang idealis dan komprehensif seperti beliau (semoga istiqomah).

Terimakasih dokter atas segala ilmunya, semoga dokter sehat selalu sehingga bisa terus menginspirasi 🙂

About Sonia

I am what i think.

Leave a Reply

