all time favorite

kalau bukan karena menjadi siswa SMA NEGERI JAKARTA, mungkin saya nggak akan pernah mengenal pasar ini. Berawal dari kelas XII yang cukup rumit dengan segala ujiannya, teman saya pun berencana untuk hunting baju bersama untuk sesi foto bukju tahunan. “udah ke senen aja lah” katanya…

SENEN???!

iya pasar yang jual baju second gitu. barang second semua, murah dan berkualitas (kalau pintar milihnya).

“serius son, mau beli disana?” gumam saya. lalu teman saya mulai meyakinkan, “si I dan gengnya juga beli disana, gaul lah hahaa”

oke baiklah, mari dicoba.

DAN PERTAMA KALI KESANA!!! HARD TO BELIEVE!

bersin bersin seharian, debu dimana-mana. tapi semua terbayar, bagi saya worth it sih…

cuma bawa 100.000 bisa dapet baju 10 lebih kayaknya. Jadi ceritanya pasar senen ini semacam awul awul kalau di Jogja, tapi entah mengapa menurut saya barang di Senen jauh lebih bagus dan beragam :’)

yaa sejak pertama udah jatuh cinta sih sama tempat ini. dari sini saya sering belajar bahwa kebahagiaan itu sungguh bukan barang mahal, kebahagiaan itu juga tidak bisa dinilai dengan uang.  saya sering memperhatikan keluarga yang belanja pakaian disini tidak semuanya miskin, tidak semuanya kaya, mereka beragam. saya bersyukur setiap datang ke sana, setidaknya membuat saya selalu bersyukur dengan semua yang saya kenakan.

“son rok mu lucu banget sih” atau “son itu tas nya lucu parah, beli dimana?”

saya dengan bangganya menjawab “ini beli di pasar senen jakarta, roknya 7500 aja ahahaa tas nya 90 ribu Jansport USA lho”

SENENG BANGET JAWABNYA! soalnya setiap kali kamu dapet barang bagus di Senen, dengan harga spektakuler terus barang itu dipuji, rasanya kamu berhasil, YES! lebih tepatnya beruntung, menurut saya semua barang yang dibeli di SENEN itu jodoh :’)

kalau ditanya udah pernah beli barang apa aja, waahhh sudah cukup banyak sih. baju mungkin 10 potong lebih, rok juga sekitaran itu. terus baju baju itu aku pake semua, sebelumnya direndem air panas, di cuci beberapa kali sampai aku yakin udah layak dan bersih. pardon me, for making this  confession. tapi bagi saya penting untuk mendeklarasikannya, soalnya buat orang yang kebiasaan beli baju, make beberapa kali terus bosen, sayang banget kalau sampai harus keseringan laper mata  di mall liat diskon baju yang hampir setiap hari ada. akhirnya saya memutuskan, untuk baju baju outer kayak cardigan, kemeja, jaket, blazer dan rok rok bahan saya bakal coba hunting di Senen. Itu lah langkah pertama saya, clara dan yulia waktu persiapan kami memasuki dunia mahasiswa kedokteran yang KATANYA harus selalu memakai rok dan kemeja. dan kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang…

jadi prestasi yang cukup saya banggakan selama hunting di Senen, saya pernah dapet rok panjang dan dress seharga 5000 aja, dan selalu jadi favorit saya selama kuliah dimasa awal. selanjutnya TAS JANSPORT MADE IN USA, seharga 90ribu aja :’)

terakhir saya dapet jaket katun+woll dari jepang seharga 120rb + atasan outer model kimono, jackpot!

nah, kalau beli di senen enaknya lagi, bajumu jadi banyak dan kalau udah bosen tinggal kamu kasih ke orang-orang yang lebih membutuhkan. Karena bajumu banyak dan beragam kamu bakal jadi lebih sering berbagi. Ini poin penting yang terkadang gak banyak disadari…

JADI! kalau ada yang ke Jakarta atau ada yang mau ditemenin ke pasar senen? dengan senang hati akan saya temani, bahkan saya sangat senang memilihkan bajunya walau harus masuk kedalam tumpukan baju obral di pasar senen.

HAPPY HOLIDAY! jangan lupa mampir ke pasar senen yaaa ^.^

 

How to go:

dari jatibening naik angkot K37 (Rp5000) sampai kalimalang lanjut angkot 26 warna biru jurusan bekasi kampung melayu (Rp4000) terus lanjut busway jurusan senen (Rp3500) atau naik angkot jurusan senen-kp melayu (Rp 3500)

Tips:

kalau naik angkot siapin uang 500 yang banyak, soalnya kalau ga bakal dibuletin harganya contoh jadi Rp 4000 padahal harusnya Rp 3500.

kalau mau beli kue jajanan jam 12an aja harganya 2000an satu tempat mika isi 2-3, bahkan bisa sampai Rp5000/3 mika

kalau mau beli baju cari yang diobral aja, kayak 5000 dapet dua atau 10rb dapet tiga. tapi itu ditumpukan jadi  harus sabar ngawul nya (i am the master of it *shy*) nah kalau mau banget yang digantung harus pinter nawar, berbaik baik lah sama mas dan mbak yang jualnya. saya sendiri prinsipnya beli ga mau yang harga lebih dari 15000 untuk sekedar rok atau atasan. beda kalau jaket, jaket musim dingin saya beli 120.000 yaah sepertinya lumayan.

kalau mau beli tas atau sepatu hati-hati belum tentu barang yang dijual asli! YAA PINTER PINTER AJA YAA 🙂

sekian, selamat mencoba!

About Sonia

I am what i think.

Leave a Reply

