Yoga Hari 1

selamat pagi, pernah dengar yoga? pasti tidak asing, dan terdengar keren sih olahraga yang satu ini. saya sudah cukup sering berlatih yoga, awalnya ikut gratisan di GMC. dan super worth it lah, walaupun agaknya cara yoga saya masih kacau.

nah suatu ketika saya diajak private yoga sama nei dan yuli. akhirnya pergilah kami berlatih di rumah nei. pelatih kami mbak agustin. dan dimulailah kelas private yoga yang kece ini….

(jadi ini hasil pembelajaran yang saya ingat tanpa di kroscek dari evidence based yang jelas yaa *peace*)

dimulai dari perkenalan 3 istilah yaitu ujandi, mulabandi dan udianabandi.

UJANDI adalah setelah menarik napas dengan membuka dada lebar, lalu ujandi yaitu hembuskan napas melalui tenggorokkan seperti suara mendengkur, menghasilkan seperti suara banteng. Untuk apa? bikin kurus sih katanya, secara saat napas dada perut tertarik, dan saat ujandi perut semakin menyusut kedalam…. sangat berbeda dengan menghempuskan napas biasa yang bikin perut mengembung.

MULABANDI yaitu menghisap bagian perineum untuk memberi kekuatan lebih besar ke perut. intinya seperti menahan pipis saat senam kegel. dan sungguh ini benar-benar memberi kamu kekuatan lebih saat beberapa posisi yoga ekstrim.

UDIANABANDI yaitu menarik perut lebih ke dalam dan bahu didorong kedepan. Intinya supaya perut lebih tertarik ke dalam sekaligus menambah kekuatan disana.

dan ketiganya selalu dilakukan setiap mbak agustin memberi instruksi. Senang sekali latihan dengannya, kalau ada yang salah selalu di revisi (hahaa kayak proposal aja).

oiyaaa hari pertama ini temanya fat burn yoga hata.

dan super duper bikin keringetan melibihi yoga di GMC. gerakannya lebih ekstrim juga, tapi ini dia yang bikin seru. ternyata semua gerakan ekstrim yoga itu kuncinya hanya di kepercayaan pada kemampuan diri dan 3 hal yang tadi saya sebutkan, WOW!

Oiya usai kelas yoga, mbak agustin menjelaskan mengenai cakra. jadi apa warna kesukaanmu kemungkinan besar menggambarkan cakramu…

aku suka biru. kemungkinan besar cakraku biru.

nah untuk penjelasannya saya sudah lumayan lupa, jadi saya ambil saja dari sumber web

Image

erikut ini adalah uraian mengenai 7 cakra utama :

  1. Cakra Dasar (terletak di tulang ekor): Cakra ini berpengaruh terhadap sifat-sifat emosional seseorang seperti jiwa yang tertekan, tergesa-gesa, dan perhatian pada dunia fisik secara berlebihan. Cakra ini sangat berpengaruh terhadap munculnya aura warna merah.
  2. Cakra Sakral (terletak di bawah pusar): Disinilah pusat kreatifitas fisik seperti menunjukan sifat ketertarikan pada penampilan diri sendiri maupun orang lain. Orang ini suka berdandan dan menjadi pusat perhatian. Cakra ini memancarkan aura berwarna orange.
  3. Cakra Solar Pleksus (terletak di atas pusar): Ia adalah pusat energi yang berpengaruh terhadap munculnya aura warna kuning, yaitu yang menunjukan sifat-sifat egoistic, ambisi, dan berkait erat dengan tingkat stress yang tinggi.
  4. Cakra Jantung (terletak di jantung): Sifat-sifat lemah lembut, rasa empati dan kasih sayang muncul dari cakra ini, dengan memancarkan aura warna hijau.
  5. Cakra Tenggorokan (terletak di leher): Warna biru adalah warna aura yang dipancarkan oleh cakra ini yang erat kaitannya dengan keilmuan, dan rasionalitas. Keinginan mencari hakikat dan makna hidup.
  6. Cakra Mata Ketiga (terletak di kening): Cakra ini menghasilkan aura warna nila dimana ia berpengaruh pada munculnya intuisi dan spiritualitas dan tertarik pada hal-hal gaib.
  7. Cakra Mahkota (terletak di ubun-ubun): Warna ungu yang dihasilkan oleh cakra ini menunjukkan intensita spiritualitas yang tinggi. Perhatian terhadap hal-hal yang bersifat duniawi sangat rendah, namun tertarik kepada meditasi, tafakur, berdzikir, menyendiri, dan mencari hubungan dengan Tuhan.

intinya cakra seseorang pasti ada yang dominan, dan yang terbaik adalah menyeimbangkan semua cakra di tubuh.

sekian kelas yoga hari 1.

namaste….

Advertisements

About Sonia

I am what i think.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: